Spread the love

Ide Bisnis Tali Rafia Yang Menguntungkan

Berikut tips bisnis tali plastik atau sering disebut dengan nama tali rafia. Berbisnis sejatinya dapat dilakukan oleh siapa saja dengan ide bisnis yang beragam.

Salah satu ide bisnis yang mungkin jarang Anda pikirkan sebelumnya yaitu bisnis tali rafia. Lantas, ide bisnis tali rafia apa sajakah yang bisa dijadikan peluang?

Usaha Bisnis dari Tali Rafia

Selama ini, Anda mungkin mengetahui jika tali rafia lebih banyak digunakan untuk mengikat barang dan berbagai keperluan sehari-hari lainnya. Fungsi utamanya memang demikian, namun sejatinya ada berbagai bidang usaha yang dapat dimunculkan dari jenis tali tersebut, misalnya:

1. Tali rafia daur ulang

Ide bisnis yang pertama adalah pembuatan tali rafia itu sendiri. Akan tetapi, berbeda dari kebanyakan produksi tali rafia yang dibuat dari biji plastik langsung, mengapa tidak mencoba jenis usaha tali rafia dengan bahan dasar dari sampah plastik?

Ya, saat ini kita memang tengah menghadapi gempuran sampah plastik dari berbagai sumber, baik plastik pembungkus, botol minuman, dan sebagainya. Daripada membuat lingkungan sekitar menjadi penuh sampah dan tercemar, Anda dapat memanfaatkannya sebagai bahan dasar tali.

Adapun caranya juga terbilang sangat mudah, yakni dengan memilih jenis plastik yang kuat, kemudian hamparkan ke permukaan yang datar dan lurus. Selanjutnya, gunting sampah plastik tersebut sesuai ukuran yang diinginkan, lalu tarik dan buat tali yang memanjang.

Selain dari plastik yang lebar, Anda juga dapat membuat tali rafia dari berbagai jenis limbah plastik lainnya dengan cara membuatnya sebagai bijih plastik. Adapun caranya dengan menyortir sampah plastik, membersihkannya, lalu melelehkannya terlebih dahulu sebelum dibentuk menjadi tali sesuai kebutuhan.

2. Kerajinan tangan

Bisa dibilang, ide bisnis tali rafia sejatinya tidak terlalu jauh dari usaha kerajinan tangan. Dengan keterampilan yang tinggi, tali-tali rafia yang tidak terpakai dapat digunakan untuk membuat berbagai barang dengan nilai guna dan nilai jual tinggi.

Tali rafia kerap digunakan untuk membuat kemoceng atau pembersih lantai. Meski demikian, Anda dapat berkreasi dengan berbagai jenis kerajinan tangan lain yang bahkan jarang dibuat. Sebagai contoh dengan membuat anyaman, vas bunga, dompet, bahkan tirai pintu.

Untuk membuat kerajinan tangan tersebut memang dibutuhkan keterampilan, keuletan, serta ketelitian yang tinggi. Terlebih, jenis usaha kerajinan tangan ini masih sangat menguntungkan karena ada banyak orang yang berminat menjadikannya koleksi.

Baca Juga ~  Mengenal Berbagai Jenis Alat Make Up

Dengan promosi dan kualitas yang baik, kerajinan tangan dari tali rafia bahkan dapat diekspor ke luar negeri. Terlebih jika dibuat dari plastik daur ulang, tentu akan semakin menarik minat para kolektor barang-barang ramah lingkungan.

3. Mesin penggulung tali

Dalam pembuatan tali rafia sudah pasti akan sangat membutuhkan mesin penggulung. Cara kerja mesin ini terbilang sangat sederhana, yakni dengan memutar tuas sehingga tali yang panjang dapat tergulung dengan rapi dan dapat dikemas sesuai kebutuhan.

Sayangnya, belum banyak orang yang mampu membuat mesin penggulung tersebut. Jika Anda memiliki keterampilan di bidang mesin, hal tersebut sudah pasti akan menjadi prospek usaha yang sangat menarik. Keuntungan yang diraup juga terbilang besar, apalagi mesin tersebut sangat dibutuhkan untuk banyak kalangan yang memiliki usaha pembuatan tali rafia.

Tidak hanya merakit atau menjual mesin penggulung rafia, Anda juga dapat membuka usaha jasa penggulungan tali rafia yang bekerja sama dengan para produsen rafia. Bidang usaha dan ide bisnis ini terbilang masih jarang sehingga prospeknya cukup bagus.

Prospek Usaha Tali Rafia

Sejatinya, berbagai ide bisnis tali rafia di atas dapat dilakukan secara mudah namun tetap dapat memunculkan keuntungan besar. Terlebih, untuk membuat bisnis tali plastik tersebut cenderung tidak membutuhkan modal yang banyak.

Jika merujuk pada ide pembuatan kerajinan tangan, Anda dapat memperoleh bahan baku plastik dan tali rafia dari berbagai sumber, termasuk dari para pengepul maupun dari sampah rumah tangga. Sedikit berbeda jika ingin membuat usaha rafia dari bahan baku dasar yang membutuhkan mesin khusus untuk memproses dan membuatnya menjadi lebih sempurna.

Anda juga tidak harus menyewa tempat khusus untuk membuat usaha rafia tersebut, bahkan dapat dilakukan dari rumah sekalipun. Anda mungkin hanya perlu tempat khusus untuk menampung sisa pengolahan atau limbah pembuatan tali dan berbagai jenis usaha rafia.

Lantas, bagaimana dengan peluang usaha tersebut? Bisa dibilang, sangat besar. Terlebih tali rafia sangat dibutuhkan oleh semua golongan masyarakat untuk berbagai keperluan. Target pasarnya terbilang luas dengan harga yang bersaing.

Modal yang dibutuhkan juga minim namun keuntungannya dapat menjadi berkali-kali lipat. Untuk usaha awal, Anda juga tidak harus memiliki banyak karyawan, cukup 2-3 orang saja sesuai dengan bidang usaha yang Anda pilih.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi dari jual tali rafia roll besar mengenai ide bisnis tali rafia yang bisa Anda jadikan peluang guna mendapatkan banyak keuntungan. Dapat dilihat sejatinya masih ada banyak ide yang bisa Anda realisasikan untuk membuat bisnis tali plastik ini semakin berkembang. Semoga membantu!