Spread the love

Ketika kalian bekerja dalam sebuah perusahaan atau instansi tentu saja kalian membutuhkan kop surat untuk berkirim surat secara resmi untuk keperluan perusahaan tadi. Untuk membedakan surat resmi dengan surat lainnya tentu saja pada bagian kop suratnya. Untuk kop surat kalian bisa membuatnya sendiri atau menggunakan jasa cetak kop surat.

Membuat Kop Surat

Kop surat yang ada pada surat resmi tadi biasanya berisi mengenai logo perusahaan atau instansi, lengkap dengan nama perusahaan, alamat serta nomor teleponnya. Bagi kalian yang tertarik membuat kop surat dan mencetak-nya sendiri tentu saja ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Hal pertama yang perlu kalian perhatikan yaitu bagaimana cara mengatur ukuran kertasnya.

  • Mengatur Ukuran Kertas

Langkah pertama yang kalian perlukan tentu saja masuk ke dalam aplikasi Microsoft Word dan kemudian pada menu bar pilih Mailing dan selanjutnya pilih Empelove. Kemudian setelah klik Emplove kalian akan menemukan beberapa pilihan salah satunya Delivery Address dan dimana pada kolom tersebut kalian bisa mengisinya dengan alamat tujuan, kemudian pada Return Address kalian isi saja dengan alamat dari balasan surat tadi.

Namun bagi kalian yang hanya ingin membuat kop surat saja sebaiknya kosongkan bagian Return Address tersebut. Kemudian kalian hanya perlu memilih ukuran kertas yang akan digunakan, kalian bisa memilih ukuran c4 (229 x 324 mm) dan klik OK.

Namun ukuran tersebut bisa kalian sesuaikan dengan amplop yang akan kalian gunakan dan sebaiknya ukur terlebih dahulu. Setelah itu kalian hanya perlu klik Add to Document, nanti pada lembar dokumen akan muncul dua tampilan dimana satu ukuran amplop dan satunya ukuran kertas biasanya. Kemudian pada ukuran amplop pada bagian headernya kalian hanya perlu klik 2 kali dan selanjutnya paste saja kop amplopnya.

  • Mencetak Kop Surat

Kemudian setelah kalian selesai membuat kop suratnya maka langkah selanjutnya yaitu cetak kop surat. Cara cetaknya sebenarnya tidak terlalu sulit kalian hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Baca Juga ~  Menulis Artikel Blog yang Sesuai Dengan Aturan SEO

Sebelum mencetak kalian perlu mengecek kembali apakah kop surat sudah benar atau belum. Jangan sampai kalian tidak mengeceknya terlebih dahulu karena jika terjadi kesalahan kalian harus mencetak ulang dan itu akan membuang-buang waktu.

Cara mengeceknya kalian juga bisa melihat previewnya terlebih dahulu sebelum melakukan pencetakan. Kalian hanya perlu klik menu print dan kemudian klik print preview saja dan jika kop surat dirasa sudah tepat maka kalian hanya perlu mencetak-nya saja.

  • Mengatur Posisi Amplop

Jangan lupa juga mengatur posisi amplop yang akan digunakan untuk mencetak. Pastikan jika posisi amplop pada printer sudah tepat. Bagi kalian yang baru pertama kali mencoba cetak kop surat maka kalian harus mencobanya terlebih dahulu agar menemukan posisi yang tepat.

Menggunakan Jasa Percetakan

Jadi itulah beberapa info bermanfaat yang dapat kalian perhatikan ketika akan mencetak kop untuk surat yang kalian perlukan. Jika kalian memerlukan kop surat dalam jumlah yang banyak dan juga cepat maka kalian bisa menggunakan jasa percetakan. Saat ini sudah banyak jasa percetakan yang menyediakan jasa semacam itu dengan hasil maksimal dan harga yang terbilang murah.

Untuk jasa cetak kop surat tersebut biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja untuk menyelesaikan pekerjaan jika pesanan sangat banyak. Selain itu jangan khawatir karena saat ini sudah ada jasa antar kop surat yang kalian pesan sehingga kalian tidak perlu repot-repot mengambilnya langsung ke percetakan.