Spread the love

Kendaraan Untuk Pengiriman Barang

Seperti yang Anda ketahui, saat ini sudah banyak penyedia jasa ekspedisi di Indonesia. Berkembangnya jasa ekspedisi dipengaruhi oleh perkembangan dari e-commerce dan juga permintaan pengiriman barang yang makin melonjak setiap harinya.

Di Indonesia sendiri kini penggunaan kendaraan untuk pengiriman barang dibagi menjadi beberapa tipe tergantung dari jenis barang yang dikirimkan, tujuan pengiriman barang, banyaknya muatan pengiriman barang ke daerah tertentu, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui detail dari jenis kendaraan yang digunakan oleh jasa ekspedisi, Anda bisa simak ulasannya di artikel ini sampai akhir.

Jenis Kendaraan Pengiriman Barang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menurut ekspedisi murah dan cepat penggunaan kendaraan untuk proses pengiriman dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dari barang yang dikirimkan, jarak pengiriman barang, serta jumlah muatan yang harus di bawa ke daerah tertentu.

Berikut beberapa jenis kendaraan yang digunakan oleh jasa ekspedisi saat mengirimkan barangnya:

  1. Mobil Box

Mobil jenis ini biasa digunakan untuk mengangkut barang antar kota. Misalnya dari Bandung ke Bogor, dari Jakarta ke Depok, dan lain sebagainya. Memiliki dimensi yang cukup besar membuat mobil box mampu membawa barang dengan muatan yang cukup besar.

Saat ini muatan dari mobil box dibagi menjadi dua, ada mobil box dengan dimensi kecil yang mampu mengangkut barang dengan maksimal berat 1 ton. Dan ada mobil box dengan dimensi besar yang mampu mengangkut barang hingga berat 2 ton.

  1. Truk Bak

Kendaraan jenis ini paling sering digunakan untuk mengangkut barang-barang pindahan. Seperti pindahan rumah, toko, gudang, ataupun pindahan kantor. Jenis truk bak ini masuk ke dalam kategori kendaraan angkutan berukuran sedang dengan dimensi 10m³.

  1. Truk Fuso

Truk fuso memiliki ukuran dimensi yang lebih besar dari truk bak. Untuk saat ini truk fuso dibagi lagi menjadi dua jenis yatu truk fuso ukuran sedang dan truk fuso ukuran besar. Untuk truk fuso ukuran sedang bisa mengangkut barang hingga berat 8.000 kilogram, dan untuk truk fuso ukuran besar bisa mengangkut barang dengan berat hingga 15.000 kilogram.

  1. Mobil Towing

Tentu Anda pernah melihat kendaraan yang mengangkut mobil di bagian belakangnya. Kendaraan yang Anda lihat tersebut disebut dengan mobil towing. Mobil ini dikhususkan untuk mengangkut mobil dengan tujuan tertentu.

Untuk menaruh mobil ke dalam baknya, biasanya mobil towing dibantu dengan sistem hidrolik. Jadi nantinya mobil towing akan menurunkan baknya lalu mobil yang akan dikirimkan dinaikkan ke bak tersebut menggunakan mesin hidrolik.

Baca Juga ~  Arti Ucapan Barakallah Fii Umrik Untuk Ulang Tahun

Anda bisa menggunakan mobil towing untuk melakukan pengiriman dengan tujuan antar kota ataupun antar pulau, namun secara umum mobil ini digunakan untuk melakukan pengiriman mobil dengan berbagai ukuran.

  1. Car Carier Truk

Jenis truk yang satu ini ditujukan untuk melakukan pengiriman mobil atau motor dengan jumlah yang cukup besar. Biasanya jenis truk ini akan digunakan untuk melakukan pengiriman dari pabrik motor menuju dealer atau showroom tertentu.

  1. Pesawat

Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang tahu bahwa ada jenis pesawat yang biasa digunakan untuk mengirim barang, pesawat ini disebut dengan pesawat cargo. Alasan menggunakan pesawat cargo untuk melakukan pengiriman adalah supaya barang yang dikirimkan lebih cepat sampai ke tujuan. Atau biasanya penggunaan pesawat cargo juga ditujukan untuk pengiriman antar pulau.

  1. Kapal Laut

Pengiriman barang menggunakan kapal laut sudah sangat lazim dilakukan untuk pengiriman barang antar pulau di Indonesia. Biasanya pengiriman yang menggunakan kapal laut cargo merupakan jenis barang-barang yang memiliki berat ataupun volume yang cukup besar.

Saat ini banyak perusahaan atau bisnis perorangan yang lebih memilih melakukan pengiriman antar pulau dengan menggunakan kapal cargo karena biaya yang dikenakan akan disesuaikan dengan berat barang yang Anda kirim, dan tentunya biaya tersebut akan lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan pengiriman menggunakan pesawat cargo.

  1. Kereta Api

Saat ini pihak Kereta Api Indonesia sudah menyediakan jasa pengiriman menggunakan kereta api. Selain untuk pengirim yang menggunakan jasa KAI, saat ini PT KAI juga melakukan kerja sama dengan beberapa jasa kirim lainnya dalam proses pengiriman barang.

Pengiriman menggunakan kereta api akan dikenakan dengan harga yang lebih murah. Selain itu jenis barang yang bisa dikirimkan menggunakan kereta api juga cukup beragam, mulai dari perabotan, alat elektronik, sepeda, hewan, bahkan motor pun bisa dikirim menggunakan kereta api.

Pengiriman menggunakan kereta api biasanya digunakan oleh pelanggan yang ingin melakukan pengiriman antar kota atau antar provinsi sesuai dengan jalur yang di lewati oleh kereta api tersebut.

Kesimpulan

Dari beberapa jenis kendaraan di atas dapat disimpulkan bahwa proses pengiriman di Indonesia menggunakan berbagai jenis kendaraan yang disesuaikan dengan jarak serta jenis barang yang di kirim.

Ada jenis kendaraan yang khusus digunakan untuk mengirim barang tertentu, ada jenin kendaraan yang bisa melakukan pengiriman dengan cepat, dan lain sebagainya.

Semoga informasi di atas bisa memberikan tambahan ilmu pengetahuan mengenai jenis kendaraan yang digunakan untuk mengirim barang di Indonesia.