Spread the love

Darah beku di bagian kuku biasanya disebut hematoma subungual. Biasanya hal ini terjadi ketika bagian kuku tangan atau kuku kaki terkena benda berat kemudian menyebabkan adanya pendarahan di bagian bawah kuku. Hal itu harus dilakukan cara  Mengobati Darah Beku Di Kuku dengan tepat agar supaya tak terjadi infeksi.

Pendarahan yang terjadi pada satu titik kemudian terhalang oleh adanya kuku membuat darah tak bisa keluar dan terjebak di dalam kuku. Jika Anda mengalami gejala pembekuan darah di bagian kuku maka yang akan terjadi adalah bagian kuku yang terasa sakit, terlihat bengkak, berdenyut nyeri hingga mati rasa.

Cara Mengobati Pembekuan Darah di Kuku Dengan Benar

Adanya pembekuan darah di dalam kuku harus dilakukan cara Mengobati Darah Beku Di Kuku secepatnya. Sebelumnya harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu agar supaya penanganan bisa dilakukan dengan tepat dan benar.

  1. Mengistirahatkan bagian yang cedera

Bagian tangan atau kaki yang kukunya mengalami pembekuan darah harus Anda istirahat-kan terlebih dahulu. Usahakan untuk tidak banyak bergerak demi meminimalkan resiko pendarahan tak berhenti.

Kompres dengan es untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak yang terjadi. Namun jika bagian yang cedera ternyata bengkak, bertambah nyeri atau badan Anda terasa demam maka sebaiknya langsung periksa kan ke dokter secepatnya.

  1. Nail trephination

Ini adalah cara untuk mengobati dengan cara melubangi kuku dengan lubang kecil untuk mengeluarkan darah yang terjebak di dalamnya. Cara ini tak memerlukan pembiusan karena yang akan dilubangi adalah bagian kuku yang tak memiliki syaraf sehingga Anda tak akan mengalami kesakitan.

Setelah proses nail trephination sebaiknya angkat bagian yang sakit lebih tinggi untuk mengurangi pendarahan dan tutup bagian yang terluka dengan kain kasa. Anda juga bisa mengompresnya selama kurang lebih 12 jam. Proses ini hanya bisa dilakukan oleh dokter yang ahli.

  1. Kauter

Mengobati Darah Beku Di Kuku dengan cara melubangi bagian kuku dengan menggunakan kawat logam yang panas. Untuk proses ini Anda memerlukan pembiusan agar supaya proses kauter bisa berjalan dengan lancar dan tak mengalami kesakitan yang berarti.

Proses ini hanya berlangsung selama beberapa menit saja. Setelah darah berhasil dikeluarkan maka proses kauter sudah selesai. Setelah proses ini bagian yang dilubangi akan ditutup kain kasa yang harus diganti setiap hari. Selain itu Anda juga bisa mengompres bagian yang sakit untuk meredakan rasa nyeri yang terasa.

Cara Mengobati Darah Beku Di Kuku Dengan Operasi

Jika dengan cara diatas bagian kuku yang mengalami pendarahan tak kunjung sembuh maka cara yang terakhir adalah dengan menggunakan cara operasi. Karena terkadang cedera yang terjadi bukan hanya terjadi pada kuku saja, namun terjadi pada jari kaki yang mengalami patah.

Untuk itu perlu adanya tindakan operasi yang mana prosesnya adalah dilakukan untuk mengangkat kuku yang cedera. Kemudian akan dilakukan tindakan jahitan jika kulit terluka cukup parah, namun jika tidak maka biasanya dokter hanya membiarkannya saja dan menutupnya langsung dengan kain kasa.

Sebaiknya setelah proses tersebut Anda lebih memperhatikan perkembangan penyembuhan luka Anda. Waspada gejala infeksi yang terjadi terutama jika bagian yang cedera tak langsung di obati. Seperti misalnya badan demam, muncul garis merah, bagian cedera yang berdenyut sangat nyeri hingga munculnya nanah di bagian tersebut. Demikian beberapa cara Mengobati Darah Beku Di Kuku dengan tepat.